Saturday 20 April 2013

Perencanaan Keuangan bag 1.

Starting/memulai suatu bisnis/usaha dibutuhkan KEBERANIAN dan IDE. Keberanian adalah memilih untuk mengalahkan rasa takut terhadap resiko-resiko yang MUNGKIN akan dihadapi. Ide (bisnis) bisa sesutu yg ORIGINAL (otentik), bisa juga "melihat" bisnis-bisnis yang sudah ada.

Constraint-nya adalah WAKTU dan MODAL. ANDA harus memutuskan, kapan (target waktu) bisnis Anda akan dibuka, dan dari mana modal akan didapat dan dialokasikan untuk memulai bisnis Anda.

PENGELOLAAN KEUANGAN

Pengelolaan Keuangan padaa intinya adalah keDISIPLINan. Disiplin terhadap planning/perencanaan dan pengalokasiannya.

Perencanaan dibuat untuk memudahkan Anda dalam mengambil keputusan. apakah Anda akan membeli Mobil operasional dulu, atau mesin produksi? Apakah Anda membutuhkan kantor di pusat kota atau cukup di rumah dulu? Apakah Anda belanja material produksi secara harian, mingguan, atau bulanan?

Itu adalah contoh-contoh membuat PRIORITAS dalam perencanaan keuangan Anda. Sehingga menjadi PANDUAN untuk menjalani bisnis. Termasuk pengalokasian pendapatan Anda. Berapa untuk modal kerja (lagi), berapa utuk DITABUNG, berapa utk ...., dll.

Biasanya sangat disarankan kawan2 utk memiliki minimal 2 tabungan:

1. Tabungan untuk pribadi. Fungsinya untuk menghargai hasil kerja keras kita.

2. Tabungan untuk investasi (kembali). Fungsinya utk menambah modal di dlm bisnis yg dijalani, atau untuk investasi lainnya. Dan dipergunakan hanya pada saat dibutuhkan. Misalnya tabungan ini hanya untuk dipergunakan nanti, untuk menambah kapasitas produksi, membuka outlet baru, dll.

Banyak pengusaha yang "kehabisan nafas" di tengah perjalanan bisnisnya. Jadi, rencanakan dan disiplinlah dalam mengatur keuanangan Anda.

Besok kita bedah lebih dalam tentang PERENCANAAN KEUANGAN - MODAL KERJA dan OPERATIONAL

Di ambil dr coach Dania Setiabudi, smoga bermanfaat buat tmn2 yg baca.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

No comments:

Post a Comment